Wednesday, August 22, 2018

PENYEBAB DINDING REMBES, BOCOR, RETAK DAN CARA MENGATASINYA

PENYEBAB DINDING REMBES, BOCOR, RETAK DAN CARA MENGATASINYA 

Cara Mengatasi Air Merembes Ke Dinding
Bercak noda  atau adanya gelembung pada dinding adalah pertanda bahwa ada air yang merembes di bagian dalam dinding. Selama ini anda mungkin fokus mengatasi bocor atau rembes pada dinding. Tapi tahukah Anda penyebabnya mengapa air dari tanah atau dari bawah rumah bisa merembes masuk hingga naik ke dinding?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan air dari bagian bawah rumah naik dan masuk ke dalam dinding.

1.  Jenis dan Kondisi Beton



Salah satu hal yang mendasar kenapa dinding beton rembes adalah kondisi coran. Gedung Anda mungkin dibangun di atas tanah dan jenis beton coran yang jenisnya berbeda. Misalnya jenis semen bercampur mengumpul di satu sisi, dan pasir yang agak kasar mengumpul di sisi lain. Ini akan menyebabkan pondasi dinding beton bangunan bergerak sehingga dinding beton menjadi retak. Dinding beton retak inilah yang memungkinkan air untuk naik sepanjang dinding pondasi. Selain itu, adukan cor mengembang ketika basah dan menyusut ketika kering, perubahan ini juga menjadi salah satu penyebab air atau uap air merembes pada dinding pondasi lewat retakan.

2. Kondisi Talang Dinding Beton

Selain cor adukan, kondisi aliran resapan air paralon yang berkarat merupakan salah satu benda yang bisa menjauhkan dinding beton pada gedung dari ‘serangan air’. Untuk bisa berfungsi maksimal, talang air harus dipanjangkan hingga 10-15 kaki dari dinding beton. Biasanya, jika talang tersumbat kotoran seperti daun atau debu, air akan menumpuk dan justru jatuh ke dekat dinding beton gedung, menyebabkan air berkumpul di sekitar pondasi dan kemudian meresap masuk ke dalam dinding.

3. Kondisi Beton yang tidak Terawat


Tanpa kita sadari, beton yang tidak terawat, akan mengakibatkan kusam hingga lembab akibat air meresap dikit demi sedikit, maka akan timbul jamur, lambat laun terjadi rembesan air dan berlumut. Jika sudah terjadi seperti ini, harus segera ditangani dengan cepat, agar tidak melebar dan terjadi dampak yang besar. langkah yang harus di lakukan segera tutup lubang dengan waterproofing dasar dulu. lalu hub kami segera untuk tindak lanjut : 0812-8283-6901

4. Pemasangan Dinding Cor yang tidak Benar

Jika saat dibangun, pemasangan dinding beton dilakukan dengan kurang baik dan disertai dengan material yang kurang berkualitas , maka dinding beton bisa saja mudah disusupi air dari bawah tanah. Gunakan Mortar  untuk perekat bata serta untuk plesteran dinding trasraam agar air dari bawah tanah tidak mudah naik dan masuk ke dalam dinding. Jangan lupa untuk melapisi dinding dengan Masterproof yang dapat mengunci air sehingga dinding Anda terlindung dari rembes.
Setelah menemukan penyebabnya, Anda bisa menemukan cara terbaik untuk mengatasi air yang naik dan rembes ke dinding. Kini, Anda bisa megucapkan selamat tinggal pada bercak, noda ‘ngompol’ serta gelembung pada dinding beton gedung Anda.

Untuk konsultasi dan service hub : 
CV. FALMATEK
Jl. Dewi Sartika No. 18A Cililitan Jakarta Timur 13640
0812-8283-6901

No comments:

Post a Comment